Mengapa Cuplikan Teks Tersebut Persuasif? Jelaskan! Karena Bersifat Ajakan

- Minggu, 5 Februari 2023 | 06:22 WIB
Teks Persuasif Bersifat Ajakan. (Sumber: kompas.com)
Teks Persuasif Bersifat Ajakan. (Sumber: kompas.com)

Penulispro.com - Sebelum menjelaskan mengapa cuplikan teks tersebut persuasif, Ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks persuasif? Tujuan apa yang ingin dicapai dari teks persuasif tersebut? Beserta ciri-ciri dari teks persuasif itu sendiri.

Teks persuasif merupakan sebuah teks yang berisikan suatu ajakan, atau bujukan, himbauan, dorongan bahkan larangan yang disampaikan kepada pembaca, agar mengikuti keinginan yang dianggap penting oleh penulis teks tersebut.

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari teks persuasif itu sendiri yakni untuk memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan isi teks yang disampaikan oleh penulis.

Ada pun teks persuasif ini lebih bersifat promosi, karena adanya upaya penulis untuk mengajak pembaca mengikuti apa yang menjadi keinginannya. Maka isi teks persuasif harus ditulis secara menarik dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Sehingga dapat meyakinkan pembaca untuk mengikuti ajakan yang disampaikan dalam teks tersebut.

Contoh yang sering ditemukan pada media sosial, dan marketplace, seperti ajakan untuk menggunakan suatu produk barang atau jasa, bahkan beberapa himbauan atau anjuran yang ditujukan pada audience.

Pengertian dan Ciri Teks Persuasif

Teks persuasif berisikan ajakan atau bujukan.Sedangkan kata persuasif sendiri berasal dari bahasa Inggris persuade yang artinya mengajak dan kata persuasif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti membujuk secara halus (supaya menjadi yakin).

Pada prinsipnya teks persuasi sebagai cara untuk menyampaikan informasi pada pembaca, sehingga terjadinya interaksi diantara kedua pihak yang sama – sama saling memahami untuk melakukan sesuatu yang penting.

Ada pun ciri – ciri bahasa yang sering digunakan pada teks persuasif antara lain; ciri utama penulisan teks persuasif yakni bersifat membujuk dan dapat meyakinkan pada pembaca untuk melakukan gagasan dari penulis.

Berikutnya teks persuasif harus memiliki alasan yang kuat, serta dilengkapi dengan fakta dan data yang valid sehingga dapat meyakinkan pembaca.

Sedangkan hal penting lainnya yaitu penggunaan bahasa yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca sehingga isi dari tek persuasif tersebut dapat sampai dengan mudah dan dapat diingat oleh pembaca.

Hindari penggunaan susunan kalimat yang tidak saling mendukung yang dapat menimbulkan pro kontra bagi pembaca.

Contoh Cuplikan Teks Persuasif

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat perlu membekali anak dengan keterampilan abad ke-21 agar mereka siap menjadi warga dunia.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

Bahaya Microsleep saat Berkendara dan Pencegahannya

Selasa, 21 Maret 2023 | 11:42 WIB

Shalat Tarawih di Masa Khalifah Umar bin Khattab

Senin, 20 Maret 2023 | 22:00 WIB
X