Cara Membuat Makanan Kura-kura dengan Gizi Seimbang

- Kamis, 26 Januari 2023 | 07:00 WIB
Seperti halnya manusia, kura-kura pun memerlukan gizi yang seimbang. (David Dibert  via Pexels)
Seperti halnya manusia, kura-kura pun memerlukan gizi yang seimbang. (David Dibert via Pexels)

Penulispro.com - Cara membuat makanan kura-kura adalah hal yang penting bagi pemelihara kura-kura. Pola makan yang tepat juga perlu diperhatikan, kura-kura membutuhkan gizi yang seimbang. Penyakit dapat menyerang jika kura-kura kekurangan gizi atau pun berlebih. Seekor kura-kura dapat terserang pyramiding jika kelebihan protein. Hal ini menyebabkan tempurung kura-kura mengalami kelainan. Makanan kura-kura dapat dibuat dari tetumbuhan, baik itu dari batang, bunga, maupun daun.

Makanan Rutin

Makanan untuk dikonsumsi kura-kura secara rutin dapat dibuat dengan memarut kasar kaktus oputia atau memotong halus bunga sepatu dan daunnya. Selain itu dapat pula memberikan sayuran berupa daun dan bunga kenikir, daun kacang, daun pakis, kailan, kangkung, sawi-sawian, dan zucchini. Umbi-umbian yang baik bagi kura-kura adalah wortel. Buah-buahan yang baik dikonsumsi kura-kura secara sering adalah labu air, labu kuning dan jagung.

Makanan Sekali Seminggu

Makanan yang mengandung protein cukup diberikan hanya sekali dalam seminggu. Makanan tersebut adalah buncis, ercis, kacang kapri, kacang panjang, daun lidah buaya, mentimun dan tauge. Cara membuat makanan dari daun lidah buaya adalah dengan membuang duri di pinggiran lalu memotongnya kotak-kotak kecil.

Kura-kura yang dapat mengkonsumsi protein hewani hanyalah kura-kura jenis Geochelone Carbonaria dan Red Foot. Dosis makanan hanya satu kali dalam seminggu sebanyak satu sendok makan.

Makanan Sekali Sebulan

Ada pula makanan yang hanya boleh diberikan sekali dalam sebulan, yaitu gado-gado selada dan tomat. Kandungan nitrit pada gado-gado selada dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kura-kura. Sedangkan tomat terlalu manis dan sedikit kandungan serat.

Pantangan Makanan

Makanan tidak boleh dikonsumsi kura-kura adalah daun bayam, daun singkong, bunga kol, kecipir, kubis, kol, dan lobak. Makanan tersebut sulit dicerna oleh kura-kura sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X