Penggunaan Lampu Hazard yang benar, Jangan Sampai Keliru Ya…

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:20 WIB
Kegunaan lampu hazard  (Tangkapan layar YouTube @satlantaspolresbitung6321)
Kegunaan lampu hazard (Tangkapan layar YouTube @satlantaspolresbitung6321)

Penulispro.com - Masih banyak pengendara mengira bahwa penggunaan lampu hazard yang benar adalah ketika hujan deras, jalanan tertutup kabut, atau hendak berjalan lurus ketika di persimpangan.

Apalagi diketahui penggunaan lampu hazard yang benar untuk situasi darurat. Situasi yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ternyata hal tersebut keliru. Penggunaan lampu hazard yang benar bukan untuk kondisi seperti itu.

Lampu hazard yang simbolnya berupa tombol dengan simbol segitiga merah, dan biasanya ada di tengah dashboard mobil, memang dibuat untuk kondisi darurat di jalan raya.

Jadi tidak boleh sembarangan menggunakannya.

Akan tetapi, kondisi darurat yang dimaksud adalah ketika kendaraan tersebut mengalami mogok, ada terjadi kecelakaan lalu lintas yang membuat kendaraan harus melambat dan berhenti, atau kendaraan berhenti untuk mengganti ban.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 121 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), disebutkan lampu hazard hanya digunakan saat kondisi darurat seperti mogok, mengganti ban, dan lain sebagainya.

Salah Menggunakan

Jadi salah kaprah jika menyalakan lampu hazard saat hujan deras, berkabut, atau di persimpangan. Malah jika dilakukan, bisa membahayakan pengemudi lainnya.

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

X