Cara Mudah Membuat Bunga Kue Ulang Tahun dari Butter Cream

- Rabu, 25 Januari 2023 | 19:09 WIB
Hiasan bunga pada kue ulang tahun bisa berbahan butter cream (Marina Utrabo via Pexels)
Hiasan bunga pada kue ulang tahun bisa berbahan butter cream (Marina Utrabo via Pexels)

Penulispro.com - Membuat kue tart untuk ulang tahun dengan dekorasi bunga buatan sendiri tentu menjadi lebih spesial dan membanggakan. Apalagi jika kue tart tersebut untuk seseorang yang juga spesial. Untuk membuat bunga ulang tahun yang cantik, tidak perlu teknik yang rumit. Anda bisa membuat bunga mawar dari butter cream untuk dekorasi tart ulang tahun. Anda penasaran? Berikut ini langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan

Untuk membuat bunga ulang tahun berbentuk mawar dari butter cream, Anda harus mempersiapkan beberapa alat seperti spuit mawar, paku mawar, plastic segitiga (piping bag), dan gunting. Sementara bahan yang diperlukan yaitu butter cream warna pink, merah, dan hijau.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Butter cream

Proses pembuatan bunga mawar dari butter cream ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengerjakan langkah-langkah berikut.

* Siapkan butter cream berwarna cream dalam piping bag yang telah dipasangi spuit lubang bulat berukuran sedang. Semprotkanlah butter cream tersebut di atas paku mawar yang sudah disiapkan sehingga membentuk gumpalan lonjong ke atas. Ini digunakan sebagai dasar kelopak bunga.
* Siapkan piping bag kedua yang sudah dipasangi spuit mawar dan diisi butter cream pink. Semprotkan dengan cara melingkar gumpalan dasar kelopak bunga yang sudah dibuat tadi. Arahkan spuit miring ke bagian dalam, tarik ke atas, kemudian kembali ke arah dalam sampai membentuk seperti kelopak. Lakukan step ini sampai paku mawar penuh dengan ukuran kelopak semakin ke luar semakin membesar.
* Untuk kelopak terakhir, semprotkan butter cream lebih panjang untuk kelopak yang lebih besar.
* Buatlah juga untuk butter cream merah.
* Jika sudah selesai, dinginkan bunga mawar tadi dalam lemari es agar butter cream menjadi lebih keras, tidak mudah rusak, dan mudah dipindahkan ke kue tart.
* Ambil hiasan bunga mawar yang sudah siap dengan menggunakan gunting, lalu pindahkan ke atas kue tart yang sudah disediakan.
* Berikan pelengkap berbentuk daun yang juga dibuat dari butter cream hijau dengan menggunakan spuit daun.
* Anda juga bisa meletakkan beberapa hiasan coklat atau permen mutiara diatasnya. Tata serapi mungkin. Kue tart bunga mawar sudah siap.

Bagaimana, mudah bukan? Kini saatnya Anda mempraktikkan membuat bunga ulang tahun bunga mawar di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Yuk, Membuat Kue Jahe Laki-Laki Alias Gingerbread Man

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X