Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Ini Ternyata Mudah Loh!

- Rabu, 25 Januari 2023 | 19:01 WIB
Membuat kreasi bunga mawar dari kertas krep tidaklah sulit ( Towfiqu Barbhuiya via Pexels)
Membuat kreasi bunga mawar dari kertas krep tidaklah sulit ( Towfiqu Barbhuiya via Pexels)

Penulispro.com - Kali ini penulis akan berbagi informasi tentang cara membuat bunga dari kertas krep. Kertas krep biasanya digunakan untuk menghias dekorasi pesta ulang tahun anak-anak. Kertas krep ini sangat mudah untuk diperoleh. Warnanya juga beragam, mudah dibentuk dan sangat cerah. Sangat cocok untuk dijadikan bunga.

Lantas, bunga apa yang akan dibuat kali ini? Bunga yang akan dibuat kali ini adalah bunga mawar. Berikut cara membuat bunga dari kertas krep untuk bunga mawar.

Baca Juga: Ada Makna di Balik Lukisan Indah Bunga Anggrek

Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan berbagai alat dan bahan yang akan digunakan. Alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat bunga mawar dari kertas krep ini antara lain kertas krep warna-warni untuk kelopak bunga.

Anda bisa memilih warna pink, merah, orange, putih, atau warna lain sesuai dengan selera Anda. Tambahkan juga kertas krep warna hijau untuk daunnya. Selain kertas krep Anda juga perlu menyiapkan plastik parcel, lem kertas, lidi, benang jahit, dan selotip.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krep

Langkah-langkah cara membuat bunga dari kertas krep untuk bunga mawar tersebut antara lain:

* Guntinglah kertas krep untuk kelopak bunga kurang lebih 5 cm serta kertas krep untuk batang sekitar 1 cm.
* Lebarkanlah bagian guntingan tadi, kemudian bagi menjadi 3 bagian.
* Oleskan ujung kertas krep dengan lem, kemudian balutkan pada lidi.
* Lilitkan kertas krep dengan perlahan hingga menyelimuti lidi. Langkah ini merupakan bagian yang penting dalam pembuatan bunga mawar dari kertas krep. Mulanya, buat lingkaran dengan diameter kecil. Semakin diputar dan dililit, buatlah diameternya menjadi semakin lebar. Rapatkan bawah kertas krep dengan tangan secara pelan. Secara otomatis bagian tengah dan atas kertas akan terlihat mekar serta membentuk seperti bunga. Terus buat lilitan hingga ujung kertas krep habis.
* Lilitkan kertas krep bagian bawah secara pelan dengan menggunakan lem agar bentuk bunga tidak berubah, kemudian lem agar rekat dengan kuat.
* Untuk membuat batangnya, lilitkan kertas krep hijau yang sudah digunting dengan lebar 1 cm tadi hingga menyelimuti seluruh bagian lidi.
* Buat plastik pembungkus. Guntinglah plastik parcel dengan bentuk segitiga. Buatlah seperti pembungkus kacang kemudian satukan kedua sisi panjangnya dengan menggunakan selotip.
* Jangan lupa buatlah daunnya dan tempelkan di bagian bawah kelopak bunga.
* Satukanlah rangkaian bunga yang telah jadi sehingga menjadi rangkaian bunga mawar dari kertas krep yang cantik.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat bunga dari kertas krep? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X