Buah Aneka Bentuk yang Menginspirasi, Namun di Indonesia Masih Sulit Ditemui!

- Rabu, 25 Januari 2023 | 18:51 WIB
Buah semangka pun kini tak hanya tersedia dalam bentuk bulat, tapi ada yang kotak. (Ruslan Khmelevsky via Pexels)
Buah semangka pun kini tak hanya tersedia dalam bentuk bulat, tapi ada yang kotak. (Ruslan Khmelevsky via Pexels)

Penulispro.com - Memang sudah lama tersiar kabar mengenai buah dengan berbagai bentuk ini. Bahkan sudah banyak yang terinspirasi dan mulai menggeluti. Namun, di Indonesia sendiri, Buah Aneka Bentuk ini masih sulit ditemui. Padahal sebenarnya bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan. Mengingat pada umumnya masyarakat menyukai segala sesuatu yang unik dan menarik. Buah Aneka Bentuk ini pada mulanya diawali oleh seorang petani semangka di Jepang yang merasa kesulitan mengepak semangka yang akan dijual dan yang akan dikonsumsi dan disimpan dalam kulkas. Sebab pada umumnya semangka berbentuk bulat atau lonjong. Ia lantas berinisiatif menanam semangka pada media kotak kaca. Hasilnya, semangka yang ditanamnya itu tumbuh dengan alami dan berbentuk kotak.

Baca Juga: Tahukah Kamu Buah Surga yang Ada di Dunia? Ini Kata Al-Quran

Lalu, hasil dari percobaannya itu, semangka kotak kemudian menjadi tren dan terus dikembangkan. Meskipun dijual dengan harga yang lebih mahal, namun Buah Aneka Bentuk ini tidak sepi pelanggan. Malah permintaan semakin besar saja. Kini, tidak hanya bentuk kotak saja. Segitiga, segilima, persegi panjang, bahkan bentuk hati pun dapat diaplikasikan dalam buah. Baik buah semangka, apel, jeruk, buah pir, dan masih banyak lagi.

Tujuan para pengusaha mengembangkan Buah Aneka Bentuk ini bukan lagi karena faktor ekonomis dalam proses pengepakan. Melainkan juga untuk menarik minat pasar atas produk yang dibuat. Bagaimana dengan Indonesia? Semoga ke depannya, petani Indonesia ada yang memproduksi Buah Aneka Bentuk ini sehingga tidak didahului oleh pasar dari luar negeri.

Pemasaran dan promosi Buah Aneka Bentuk ini juga sama sekali tidak sulit sebab bentuknya memang sudah menarik. Pengusaha tinggal pandai-pandai mencari lokasi strategis, menawarkan pada distributor, pelanggan, supermarket dan pusat buah untuk dapat memasarkan produk. Harga yang ekonomis justru membuka peluang pasar Buah Aneka Bentuk ini semakin besar.

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X