Mengapa Berbagai Bentuk Perlawanan Terhadap Belanda Sering Mengalami Kegagalan?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:48 WIB
 (Tangkapan layar Youtube @INVOICEINDONESIA)
(Tangkapan layar Youtube @INVOICEINDONESIA)

Penulispro.com - Sebelum membahas, mengapa berbagai bentuk perlawanan terhadap Belanda sering mengalami kegagalan. Terlebih dahulu mengetahui latar belakang bangsa Eropa berdatangan ke nusantara.

Negara Indonesia adalah negara besar yang dikelilingi oleh lautan dan pegunungan serta sumber kekayaan alamnya yang melimpah. Bahkan dari zaman dulu Indonesia sudah dikenal oleh para pelaut Eropa.

Mereka berlayar melintasi luasnya samudera Hindia melintasi benua Afrika menuju Indonesia hanya untuk memperoleh kekayaan alam di nusantara tersebut.

Adalah bangsa Portugis untuk pertama kalinya bangsa Eropa yang menginjakan kakinya di nusantara.

Kemudian disusul oleh bangsa Eropa lainnya seperti Belanda, Inggris, Spanyol dan bangsa lainnya. Pada awalnya mereka datang ke kepulauan di nusantara untuk misi dagang.

Misi Pelayaran Bangsa – Bangsa Eropa

Pada tahun 1509 bangsa Portugis pertama kali menginjakan kakinya di nusantara, tepatnya di selat Malaka.

Pada awal kedatangannya mereka disambut baik oleh penguasa Malaka. Namun kemudian, Sultan Mahmud penguasa kesultanan Malaka saat itu memeranginya karena kedatangan bangsa Portugis dianggap mengancam bagi perdagangan di Malaka.

Dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque, Portugis melakukan perlawan. Menyerang Malaka dengan kekuatan armada kapalnya pada April 1511 hingga sepanjang Juli yang akhirnya Malaka jatuh ketangan Portugis yang kemudian memperluas kekuasaanya hingga ke kepulauan Maluku pada tahun 1512. Untuk memonopoli perdagangan hasil rempah di nusantara.

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

X