Budidaya Ikan Hias Eksotik “Black Ghost” yang Mencuri Perhatian

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:15 WIB
Sungai Amazon merupakan habitat asli  ikan Black Ghost (Elijah Akala via Pexels)
Sungai Amazon merupakan habitat asli ikan Black Ghost (Elijah Akala via Pexels)

Penulispro.com - Budidaya ikan hias jenis Black Ghost tidak jauh berbeda dengan iklan hias pada umumnya. Meskipun habitat aslinya adalah Amazon tetapi ikan bertubuh eksotik ini dapat hidup dimana pun. Terbukti, saat ini di Indonesia semakin banyak pecinta ikan hias melirik pesona Black Ghost. 

Ukuran ikan pendamai mencapai 50 cm dengan panjang sekitar 35 cm. Bentuknya pun sangatlah unik, pipih dan memanjang dalam balutan warna hitam yang berbercak putih serta kuning di bagian ekor.

Baca Juga: Mengapa 6 Jenis Ikan Bergizi Tinggi Ini Paling Dicari Ibu-ibu Rumah Tangga, Rupanya Ini Alasannya!

Nah, menurut bentuk tubuh unik inilah Black Ghost digolongkan ke dalam jenis ikan pisau (Knife-fishes). Ikan pisau berbentuk serupa pisau dengan kesan melebar di bagian kepala namun runcing di bagian perut.

Menariknya, ternyata Black Ghost sanggup menghasilkan aliran listrik meski frekuensinya lemah. Jadi selain knife-fishes, ikan ini juga masuk kategori electric-fishes. medan listrik yang dihasilkan antara 0.1 – 10 kHz.

Karakteristik Lain Ikan Hias Black Ghost

1. Black Ghost dapat hidup pada berbagai kondisi air

2. Aktivitas ikan ini lebih banyak dilakukan pada malam hari (nocturnal). Pada siang hari, lebih suka bersembunyi di bebatuan, daun-daun, akar tanaman, atau benda lainnya.

2. Karakternya karnivora, makanan utamanya adalah pakan hidup, terutama cacing rambut. Cacing dapat pula diberikan dalam bentuk beku

3. Meskipun bentuknya cukup sangar, tetapi ternyata Black Ghost adalah ikan pemalu. Maka sebaiknya di dalam akuarium, sediakan juga tempat persembunyian seperti akar, batu atau kayu.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X