Beberapa Negara Diramal Kekurangan Penduduk Karena Mengalami Penyusutan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:25 WIB
Negara padat pun penduduk tidak menutup kemungkinan akan mengalami penyusutan karena beberapa faktor ( LT Chan via Pexels)
Negara padat pun penduduk tidak menutup kemungkinan akan mengalami penyusutan karena beberapa faktor ( LT Chan via Pexels)

Penulispro.com - Dari tahun ke tahun populasi warga Korea Selatan selalu mengalami penyusutan. Di negeri ginseng itu angka kelahiran hanya 1,9 per perempuan.

Pernyataan itu disampaikan Yang Seung-jo selaku pemesan riset dari lembaga riset nasional di Seoul. Dari riset itu diperoleh prediksi bahwa pada tahun 2750 akan terjadi pertumbuhan nol persen.

Baca Juga: Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri? Jawaban Ini Paling Mendekati

Dengan demikian pada tahun 2136 penduduk yang lagi mewabah dengan K-Pop nya ini hanya sekitar 10 juta saja. Sedang saat ini penduduk Korea Selatan hanya 50 juta atau tidak lebih dari seperlima dari penduduk Indonesia yang telah tembus angka 252 juta.

Turunnya pertumbuhan penduduk akan di mulai dari kota Seoul sebagai ibukota negara pada tahun 2413 dan kemudian akan disusul kota-kota yang lain.

Ternyata masalah rendahnya pertumbuhan jumlah penduduk tidak saja hanya terjadi di Korea Selatan saja. Tapi masih ada beberapa di dunia yang mengalami hal serupa seperti Jepang.

Di negeri para ninja itu telah melakukan riset pada 2012 silam. Hanya saja Jepang memiliki waktu yang lebih panjang yakni 1000 tahun.

Dari riset di beberapa negara ditemukan bahwa penyebab rendahnya pertumbuhan penduduk sampai titik nol persen ini lebih karena masalah kesuburan. Angka kesuburan rata-rata wanita di dunia saat ini pada angka 2,33 sampai 2,5. Dan untuk menjaga keberlangsungan suatu populasi minimal angka kelahiran anak harus lebih tinggi dari 2,1.

Masalah ini tidak saja hanya terjadi di negara maju seperti Korea Selatan dan Jepang yang ada di kawasan Asia Timur saja. Tapi ketakutan ini juga terjadi di beberapa negara maju yang lain seperti Perancis, Amerika Serikat, dan Swedia.

Di negara-negara maju masalah tidak saja hanya seputar rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk untuk menopang keberlangsungan suatu negara. Masalah lain yang akan menyusul adalah memudarnya sosial budaya karena suatu peran seringkali digantikan oleh suatu mesin atau robot. Hal ini juga dikarenakan kekurangan tenaga kerja.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X