Games Asah Otak Online Bukanlah Permainan Asah Otak untuk Anak! Ganti dengan Permainan Ini!

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:50 WIB
Bermain game online tidak menjamin akan mencerdaskan anak ( Julia M Cameron via Pexels)
Bermain game online tidak menjamin akan mencerdaskan anak ( Julia M Cameron via Pexels)

Penulispro.com - Permainan asah otak untuk anak itu sebenarnya tujuannya apa? Apakah hanya untuk mencerdaskan anak? Sebenarnya untuk membuat seorang anak semakin cerdas, ajari anak untuk terampil dan semakin terampil mengatasi persoalan hidup. Nah, kegiatan bermainlah yang mampu untuk melatih kemampuan tersebut.

Begitu sangat pentingnya kegiatan bermain bagi anak-anak. Organisasi internasional sekelas PBB pun sampai membuat aturan tertulis tentang aktivitas bermain untuk anak.

PBB menegaskan bahwa bermain tak ada bedanya atau sama pentingnya dengan pendidikan. Kenapa? Jawabannnya karena justru anak-anak akan belajar banyak dari permainan yang dilakukan dibandingkan lewat pendidikan formal.

Ya, anak-anak itu sebenarnya memang suka bermain dan belum tertarik untuk diberi pendidikan formal, karena memang bermain lebih menggairahkan.

Anak-anak pun suka bergerak, lebih suka bereksplorasi, dan juga belajar dengan memakai seluruh sense serta anggota tubuhnya, dibandingkan belajar lewat pendidikan formal.

Jika dibandingkan dengan cara lebih formal seperti menonton yang memaksa anak duduk dalam waktu lama, hal ini tentu lebih membosankan atau sangat membosankan bagi mereka.

Bagaimana dengan game asah otak anak online yang kini makin marak dan memang banyak disukai anak sampai-sampai mengalahkan permainan asah otak untuk anak di dunia nyata?

Permainan asah otak untuk anak online benarkah mampu membuat otak lebih cerdas? Game online adalah salah satu permainan yang sangat disukai anak-anak, sampai-sampai mereka ketagihan karena efek game online memang membuat pelakunya ketagihan.

Seiring perkembangan teknologi, kini hadir pula game online yang khusus untuk mengasah otak anak. Efektifkah? Tunggu dulu!

Game Asah Otak Online Tak Mencerdaskan Otak!

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X