Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia?

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:36 WIB
 (Halfpoint via  Pixabay)
(Halfpoint via Pixabay)

Penulispro.com - Masyarakat Indonesia terkenal dengan sifatnya yang suka kerjasama. Bahkan sifat ini identik dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia, Mengapa sifat kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia?

Sifat ini dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia yang hingga kini sering ditemukan dalam kehidupan sehari - hari masyarakat Indonesia.

Kerjasama sendiri merupakan perwujudan dari perilaku masyarakat untuk saling tolong menolong.

Bahkan suatu ciri eratnya tali persaudaraan antar masyarakat dan dengan kerjasama semua pekerjaan akan lebih terasa ringan.

Sebagai contoh kegiatan kerja bakti memperbaiki jalan, saluran air, dan kegiatan yang lainnya yang dilakukan oleh semua warga masyarakat di suatu daerah.

Keuntungan lain dari kerjasama yakni dapat meringankan pekerjaan menjadi lebih ringan yakni dengan memberikan bantuan baik berupa materil maupun imateril dan kerjasama ini sudah menjadi identitas masyarakat Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kerjasama memiliki arti kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

Adapun pengertian lain kerjasama yaitu suatu proses yang dilakukan secara kelompok yang mana anggota – anggotanya saling mendukung dan untuk mencapai kata mufakat.

Kerjasama dalam Tradisi Masyarakat Indonesia

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

X