Masa Dini Usia Anak Rawan Kanker, Waspadalah Orangtua!

- Selasa, 24 Januari 2023 | 13:00 WIB

Penulispro.com - Sangat menyakitkan tentunya jika mengetahui usia anak rawan kanker jatuh pada masa balita antara 3 sampai 5 tahun, seperti dijelaskan oleh Prof. Dr. Djajadiman dalam SmartLiving.

Baca Juga: Awas, Kanker Paru Ditandai Dada Sakit dan Sesak!

Kondisi tersebut juga nyata adanya seperti dialami balita cantik Ashira Shalva dan banyak lagi anak yang tidak bisa lama menikmati indahnya dunia karena usia sangat muda mereka direnggut kanker. Bagi para orangtua, vonis dokter tentu ibarat pukulan keras. Dunia serasa terhenti dan berapapun biaya akan dikeluarkan demi perawatan anak tercinta.

“Kanker pada anak-anak bisa terjadi pada saat dilahirkan maupun ketika tumbuh-kembang. Penyebabnya banyak tetapi secara umum bisa disebabkan faktor genetik atau kelainan kromosom,” jelas konsultan Hematologi Onkologi RSCM, Prof. Dr. Djajadiman.

Secara umum ciri-ciri anak terkena kanker misalnya kanker darah adalah badan terlihat semakin kurus sebab sel-sel tumbuh diluar kendali mengganggu sel-sel darah yang masih normal. Penyebabnya? Selain genetik, karena anak kekurangan zat gizi sejak dalam kandungan sehingga mudah kena infeksi. Daya tahan tubuh anak sangat lemah.

“Kanker anak sebenarnya bisa dicegah tapi kalau sudah akut lebih sulit. Makanan dan pengaruh bahan kimia bisa jadi penyebab tapi belum ada penelitian lebih lanjut,” kata Prof. Djajajiman.

Gejala Kanker Anak:

* Pada mata, ada bintik putih seperti mata kucing. Mata tampak lebih besar, menonjol, perdarahan spontan dan mendadak juling. Umum terjadi pada anak dibawah 4 tahun
* Terjadi pembengkakan misalnya hati, limpa, leher, buah zakar, kelenjar getah bening dan tulang
* Rasa nyeri pada tulang atau bagian perut
* Sakit kepala berkepanjangan disertai mual dan muntah yang menyemprot saat bangun tidur. Gangguan keseimbangan, penurunan kesadaran, kejang, perubahan perilaku, kelumpuhan anggota gerak dan saraf otak
* Pucat, demam, mimisan, penurunan berat badan dan tidak nafsu makan

Catatan Penting:

Kanker pada anak masih bisa disembuhkan apabila dideteksi lebih dini dan bila pengobatan serta perawatan dilakukan sebaik mungkin. Maka kalau ada gejala seperti diatas segera periksakan anak ke dokter dan mintalah pemeriksaan atau tes secara total untuk memastikan kondisi anak, yang mungkin juga tak bisa dideteksi melalui pengamatan biasa oleh para dokter.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X