Cara Membuat Daftar Isi Manual Anti Pusing, Bisa Digunakan Mahasiswa Atau Pelajar Juga

- Jumat, 20 Januari 2023 | 14:05 WIB
Cara membuat daftar isi manual di laptop yang mudah (Lauren Mancke on Unsplash)
Cara membuat daftar isi manual di laptop yang mudah (Lauren Mancke on Unsplash)

Penulispro.com - Cara membuat daftar isi manual biasanya sering dicari orang, ketika terkendala oleh faktor waktu, teman sekelompok dan banyak hal lainnya, sementara tugas sangat banyak dan kalian tinggal di tempat yang jauh dari peradaban misalnya, maka membuat daftar isi secara manual adalah solusinya.



Pengertian Daftar Isi dalam Sebuah Karya Ilmiah

Cara membuat daftar isi manual hanya salah satu dari sekian hal yang biasa ingin diketahui oleh para pelajar, mahasiswa atau siapapun yang masih berkutat dengan pembelajaran, karena seringnya mendapatkan tugas untuk membuat karya tulis ilmiah, seperti makalah misalnya, maka orang berusaha untuk mencari tahu cara membuat daftar isinya.

Menjadi orang yang terjun dalam sebuah majelis ilmu itu sungguh luar biasa, dari mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, bahkan Pasca Sarjana, semua pasti merasakan pernah mendapatkan tugas untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah, baik pada salah satu mata pelajaran atau mata kuliah dan bahkan pada seluruh pelajaran atau mata kuliah Anda.

Daftar isi itu sendiri sebenarnya dibuat untuk memberi informasi tentang halaman demi halaman dari isi makalah atau karya tulis ilmiah yang Anda buat, dan berfungsi sebagai sebuah petunjuk atas isi karya tulis Anda.

Sebelum lebih lanjut mengetahui cara membuat daftar isi manual, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu pengertian dari daftar isi tersebut, karena daftar isi tersebut adalah bagian yang cukup penting dalam suatu karya tulis ilmiah.

Pengertian dari daftar isi itu sendiri adalah bagian yang berupa susunan atau penjelasan tentang letak suatu isi pada suatu karya tulis ilmiah yang seseorang buat.

Jadi di dalam daftar isi tersebut akan menyuguhkan gambaran tentang isi karya tulis ilmiah, kemudian berikut juga petunjuk dari letak halaman dari setiap bab, sub-bab, ataupun sub-sub-bab yang dibuat dalam karya tulis Anda.

Sehingga mengapa daftar isi tersebut dikatakan penting karena menunjukkan sekilas isi dari karya tulis ilmiah yang dibuat tanpa orang perlu membaca semua isinya terlebih dahulu.

Berbagai Cara Membuat Daftar Isi

Ada banyak cara dalam membuat daftar isi dalam sebuah karya tulis ilmiah, dari cara yang manual, cara otomatis ataupun cara manual tanpa sistem pada laptop atau komputer Anda.

Carilah cara termudah untuk dibuat sesuai yang dapat Anda lakukan, karena masing-masing cara-cara membuat daftar isi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Buatlah daftar isi dengan cara yang paling termudah yang dapat dan memungkinkan untuk Anda kerjakan, misal dengan cara membuat daftar isi manual yang dapat Anda lakukan untuk melengkapi karya tulis ilmiah Anda.

Cara Membuat Daftar Isi Manual

Ada cara membuat daftar isi manual anti pusing yang dapat Anda lakukan pada makalah atau karya tulis ilmiah Anda yang lainnya, yang dapat dikerjakan dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah terdapat pada program words pada laptop atau komputer Anda, atau dikerjakan dengan cara manual di selembar sheet words yang kosong.

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

X