Pentingkah Mencari Konsultan Pendidikan Anak?

- Senin, 19 Desember 2022 | 10:20 WIB
Pendidikan anak yang terarah berpengaruh pada kebahagiaannya ( Johannes Plenio via Pexels)
Pendidikan anak yang terarah berpengaruh pada kebahagiaannya ( Johannes Plenio via Pexels)

Seperti profesi konsultan pada umumnya, konsultan pendidikan anak juga menyediakan jasa “nasehat”. Tentu saja sesuai bidangnya, konsultan ini dikhususkan membantu para orangtua supaya bisa mengambil sikap yang tepat dalam mendidik anak terutama di usia dini. Menilik fenomena saat ini, jika kedua orangtua bekerja, anak tidak sepenuhnya berada dalam asuhan orang tua sehingga ada kondisi psikis yang luput dari pantauan. Misalnya anak menjadi hiperaktif karena ingin menarik perhatian orangtuanya. Nah, keinginan sederhana seperti ini terkadang hanya terpendam oleh si anak namun dianggap oleh orangtua sebagai kenakalan.

Orangtua bisa jadi tidak peka terhadap perasaan anak oleh karena frekuensi pertemuan cukup terbatas, bahkan tidak menyediakan waktu serta ruang “curhat” hingga anak memasuki usia sekolah. Padahal, di usia belajar dan berteman, anak butuh pendampingan intensif. Akan tetapi bagi orangtua yang kesulitan memahami isi hati anak dan bingung mengarahkan mereka, mungkin ada baiknya mencoba jasa konsultan pendidikan.

Baca Juga: Enak! Resep Kue Basah Tradisional, Kue Cucur Penganan Khas Adat Betawi

Konsultan pendidikan anak biasanya seorang tenaga profesional atau psikolog. Di dalam proses konsultasi, ada proses untuk bercerita dan mencari solusi. Orangtua harus menjelaskan secara terbuka dan detail supaya konsultan pendidikan bisa mengidentifikasi masalah lalu memberi solusi. Antara lain, bagaimana cara membujuk anak yang tiba-tiba pemurung supaya bersedia jujur atau terbuka tentang persoalan terpendam di dalam hatinya. Konsultan pendidikan akan memberi nasehat serta motivasi supaya orangtua dapat mendekati anak, lalu menjalin pembicaraan dari hati ke hati. Pastinya, tanpa memaksa melalui gertakan atau bentakan.

Selain itu, orang tua bisa berkonsultasi seputar pertanyaan tentang bagaimana cara terbaik memupuk minat dan bakat anak. Seorang konsultan pendidikan pasti akan menasehati orang tua untuk lebih sering memperhatikan kebiasaan anak. Misalnya apakah anak terlihat lebih bersemangat memperhatikan sesuatu hal seperti seni atau pengetahuan (science). Ternyata setelah difasilitasi, anak bisa menunjukkan kemampuan diri di bidang tersebut.

Maka sesungguhnya tanpa arahan dari seorang konsultan pendidikan sudah semestinya orangtua mengikuti tiga saran berikut, Pertama, jadilah panutan dan keteladanan dalam bersikap. Kedua, berikan kehangatan dan perhatian yang cukup. Ketiga, jangan abaikan anak jika mereka terlihat murung, memendam masalah, atau jadi lebih emosional. Jadilah pendengar dan penasehat yang bisa membuat perasaan anak lebih lega.

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X