Warning! Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran dan Hadits, Apa Saja?

- Sabtu, 26 November 2022 | 07:42 WIB
Ilustrasi komet meluncur ke arah bumi (Ig0rZh Via Canva.com)
Ilustrasi komet meluncur ke arah bumi (Ig0rZh Via Canva.com)

Dunia dan seisinya sudah beribu-ribu tahun lalu diciptakan oleh Allah SWT sang Maha Pencipta. Dunia ini semakin lama semakin tua dan semakin rapuh. Sama halnya seperti manusia yang hidup di dalamnya, awalnya lahir, muda, tua, dan kemudian akan mengalami kematian.

Dahulu di bumi yang kita cintai ini banyak sekali pepohonan yang tumbuh, hutan-hutan masih lebat dan dipenuhi dengan keanekaragaman hayati. Tapi kini semua itu sudah musnah, banyak pepohonan yang ditebang secara besar-besaran dan pengeksploitasian hutan terjadi dimana-mana.

Hal tersebut terjadi karena ulah manusia yang semena-mena akan alam semesta ini. Perilaku manusia saat ini sudah menunjukkan tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan Hadits Rasulullah SAW. Perilaku-perilaku manusia yang tidak baik, kekerasan dimana-mana, zina, dan korupsi yang hampir terjadi di semua Negara. Bukankah hal tersebut termasuk ke dalam tanda-tanda kiamat?

Kita sebagai umat islam perlu mewaspadai akan hal ini, hal-hal tersebut telah terjadi di Negara kita, bahkan di dunia. Di dalam Al Quran dan hadits sudah jelas tergambar apa yang menjadi tanda-tanda kiamat besar atau kiamat kubra.

Inilah Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran dan Hadits!
Lantas apa saja tanda-tanda kiamat menurut Al Quran dan Hadits yang harus kita ketahui? Berikut ini adalah tanda-tanda kiamat berdasarkan Al Quran dan Hadits.

Menurut hadits Rasulullah SAW ada 10 tanda atau perkara mengenai hari kiamat, diantaranya munculnya asap (dukhan) yang mematikan, munculnya Dajjal makhluk yang matanya buta sebelah, lahirnya binatang bumi (dabbah) yang memiliki sifat dan bentuk yang lain dari biasanya, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, munculnya Ya’juj dan Ma’juj.

Selain itu, akan adanya tiga pembenaman yang terjadi, yaitu pembenaman di timur, pembenaman di barat, dan pembenaman di jazirah Arab. Dan yang menjadi tanda hari kiamat yang terakhir adalah munculnya api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi:

"Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu mengetahui sepuluh tandanya, yaitu munculnya Dukhan atau asap, Dajjal, binatang bumi, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj."
Rasulullah SAW melanjutkan: “Bukan hanya itu ada tiga pembenaman yang terjadi: pembenaman di timur, pembenaman di barat dan pembenaman di jazirah Arab, Dan yang terakhir adalah api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar”. (HR. Muslim, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi)

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

X