Langkah Mudah Membuat Ketupat yang Nikmat dan Kenyal. Cari Tahu Caranya untuk Persiapan Lebaran!

- Minggu, 19 Maret 2023 | 08:00 WIB
Ketupat yang enak dan kenyal tergantung dari teknik mengisi, merebus dan meniriskannya (Photo by Masjid Pogungan Dalangan on Unsplash)
Ketupat yang enak dan kenyal tergantung dari teknik mengisi, merebus dan meniriskannya (Photo by Masjid Pogungan Dalangan on Unsplash)

Penulispro.com - Ketupat yang nikmat dan kenyal pasti sangat didambakan setiap kaum Ibu, yang biasanya paling repot memikirkan menu untuk masakan lebaran ataupun acara-acara keluarga yang penting lainnya.

Kriteria Ketupat yang Nikmat Kenyal

Kriteria ketupat yang nikmat dan kenyal itu sebenarnya yang seperti apa? yang jelas ketupat jangan lembek, berarti itu kekurangan isinya, dan juga jangan terlalu atos yang berarti terlalu banyak isinya.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Menjelang Ramadhan di Indonesia. Ada Apa di Daerahmu?

Ketupat yang nikmat dan kenyal juga begitu dipotong atau dibelah sangat mudah, dan terlihat putih bersih daging ketupatnya.

Ketika dimakan pun terasa kenyal dan tidak lembek atau berasnya masih terasa menggumpal, bahkan kalau disiram atau direndam dengan berbagai kuah lauk pun bentuknya tidak berubah.

Itulah kira-kira beberapa ciri atau kriteria dari ketupat yang enak, yang menjadi teman santap berbagai lauk-pauk lebaran yang menggugah selera tentunya.

Lebih Enak Memasak Ketupat Sendiri

Kadangkala meskipun sudah banyak menu yang terhidang di meja di saat hari lebaran, tetapi kurang lengkap rasanya bila tidak ada ketupat yang nikmat dan kenyal.

Untuk itu kaum ibu berusaha tetap memasak ketupat ini untuk menu utama masakan yang dihidangkan untuk bersantap bersama keluarga, sekalipun ketupat yang nikmat dan kenyal itu sengaja dipesan kepada orang lain.

Banyak alasan mengapa kaum Ibu memilih untuk memesan ketupat daripada membuatnya sendiri, antara lain karena alasan lebih praktis dan tidak repot, sementara pekerjaan beberes lainnya saat menghadapi lebaran sudah menggunung.

Padahal sebenarnya membuat ketupat sendiri juga jauh lebih baik dan mudah kok dilakukan, ikuti saja langkah-langkahnya sesuai petunjuk.
Cara Membuat Ketupat Yang Mudah

Berikut ini cara membuat ketupat yang nikmat dan kenyal dalam dua langkah mudah, yakni membuat ketupat dan memasak ketupatnya.

a. Membuat ketupat

Langkah-langkah dalam membuat ketupat adalah:

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya Microsleep saat Berkendara dan Pencegahannya

Selasa, 21 Maret 2023 | 11:42 WIB

Shalat Tarawih di Masa Khalifah Umar bin Khattab

Senin, 20 Maret 2023 | 22:00 WIB
X