Martin Marty Cooper, Sang Penemu Handphone

- Minggu, 18 Desember 2022 | 07:05 WIB
Kecanggihan HP sekarang ini tak lepas dari perjalanan panjang penemunya, Martin Marty Cooper. (Fauxel via Pexels)
Kecanggihan HP sekarang ini tak lepas dari perjalanan panjang penemunya, Martin Marty Cooper. (Fauxel via Pexels)

Penemu handphone pertama di dunia adalah Martin Marty Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April 1973. Adapun model handphone pertama yang diciptakan oleh Cooper adalah model DynaTAC. Awalnya, Cooper bersama timnya mendapatkan tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil untuk pertama kalinya. Akhirnya, sebuah telepon genggam pertama telah berhasil diselesaikannya dengan berat dua kilogram.

Profil Martin Marty Cooper

Martin Marty Cooper tumbuh di Chicago bersamaan dengan terjadinya masa resesi dunia. Cooper adalah anak pasangan imigran asal Ukraina. Cooper menempuh pendidikan tinggi di bidang Electrical Engineering dan lulus menjadi sarjana pada tahun 1950. Kemudian ia bergabung dengan Reserve Officers Training Corps Angkatan Laut Amerika Serikat. Di sana, ia ditugaskan di kapal perusak Angkatan Laut AS selama Perang Korea. Selain itu, ia juga ditempatkan di kapal selam yang bermarkas di Hawaii.

Baca Juga: Catatan Sejarah Mengungkapkan Muslim adalah Penemu Benua Amerika

Setelah masa perang berakhir, Cooper meninggalkan Angkatan Laut AS dan mulai bekerja di Teletype, anak perusahaan Western Electric. Tahun 1954, Cooper pindah kerja ke Motorola sembari masih meneruskan studinya. Tahun 1957, Cooper akhirnya menerima gelar Magister di bidang rekayasa elektronika dari Illinois Institute of Technology.

Karir di Motorola

Martin Marty Cooper membantu memperbaiki cacat dalam Kristal Motorola yang dibuat untuk radio. Pada tahun 1960-an, John F. Mitchell menjabat sebagai kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola. Awal tahun 1970-an, Mitchell mempercayakan Cooper di divisi telepon mobil (Carphone). Bersama bosnya, Cooper membayangkan sebuah produk komunikasi yang tidak hanya terpaku di dalam mobil. Alat yang dibayangkannya haruslah kecil dan ringan untuk menjadi alat portabel. Membutuhkan waktu 90 hari hingga akhirnya pada tahun 1972 ia menciptakan prototipe pertama.

Produk Handphone Pertama

Handphone pertama Motorola yang diciptakannya bernama DynaTAC yang memiliki berat 1 kg dengan waktu bicara selama 35 menit. Setelah mengalami empat kali iterasi, pada tahun 1983, tim Cooper mengurangi berat handphone menjadi setengahnya 500 gram yang dibanderol seharga USD 4.000 waktu itu. Cooper meninggalkan Motorola sebelum mereka mulai menjual handphone pertama ke konsumen untuk memulai menjalankan perusahaan dengan mitra yang menyediakan sistem penagihan operator seluler.

Tahun 1986, Cooper dan tim menjual Cincinnati Bell, dan bergabung pada Richard Roy, seorang peneliti di universitas Stanford membentuk ArrayComm. Di perusahaan inilah Cooper mengkhususkan dalam penciptaan komunikasi selular yang lebih efisien. Tahun 1995, Martin Marty Cooper mendapat penghargaan Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi teknologi di bidang komunikasi.

 

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Sumber: dg.cinvestav.mx

Tags

Terkini

Budaya Kerja di Jepang Super Ketat?

Senin, 26 Desember 2022 | 22:34 WIB

Anak Cerdas yang Melampaui Einstein

Sabtu, 24 Desember 2022 | 05:02 WIB

Tradisi Natal Unik di Berbagai Belahan Dunia

Jumat, 23 Desember 2022 | 06:35 WIB
X