Penemu Benua Australia Sudah Menemui Titik Terang?

- Minggu, 18 Desember 2022 | 06:54 WIB
Penemuan benua Australia yang menuai perdebatan (Catarina Sousa via Pexels)
Penemuan benua Australia yang menuai perdebatan (Catarina Sousa via Pexels)

Benarkah penemu benua Australia adalah James Cook? Siapa penemu benua Australia yang sebenarnya sampai saat ini masih dipertanyakan dan dicari. Sampai saat ini para ilmuwan masih mencari tahu siapa sebenarnya penemu benua Australia ini. Inggris di belahan negara Eropa sering diperdebatkan memberi andil sejarah penemu benua Australia yang sebenarnya.

Baca Juga: Sosok Leonard Kleinrock Sang Penemu Internet

Sementara itu, tidak bisa dipungkiri jika bangsa lainnya seperti Portugis maupun Spanyol juga berjasa membuka awal jalan mereka ke benua Australia. Baru-baru ini hasil pengamatan terhadap sebuah kerangka utuh manusia temuan warga di Minning Point, dekat Taree 2011 silam menyebutkan hasil yang mencengangkan, karena terkait dengan penemu benua Australia. Lalu siapa sebenarnya penemu benua Australia ini? Mari kita telusuri beberapa perjalanan sejarah yang telah dilakukan oleh para petualang ke benua Australia.


Ada catatan sejarah yang menceritakan kapal Belanda yang pernah singgah pertama kali di Australia yaitu kapal Duyfken yang dikomandoi oleh William Jansz. Kapal itu memang berlabuh di semenanjung York pada tahun 1600. Awal inilah yang membuat Jansz disebut sebagai orang Eropa yang berhasil menemukan Australia.

Hendrik Brouwer

Catatan perjalanan lainnya menyebutkan, selain William Jansz, ada juga pengelana bernama Hendrik Brouwer yang menemukan jalan laut baru menuju perairan Indonesia terutama pulau Jawa dengan singkat pada tahun 1611.

James Cook

Pelaut Inggris yang paling disebut sebagai penemu benua Australia adalah James Cook, yang melakukan perjalanan ke benua Australia tahun 1678. Ia sengaja melakukan penjelajahan di daerah benua Australia dengan mengambil rute utara melewati pantai Timur Australia. Di sanalah James menemukan kawasan baru yang kemudian dinamai New South Wales.

Penemuan Kerangka Utuh di Minning Point

Penyelidikan CSI bersama pakar antropologi dan arkeologi dari Australia National University (ANS) mengatakan, tengkorak tersebut akan menjadi ‘penjelajah’ pertama yang menjejakkan kakinya ke wilayah pantai timur dan selatan Australia. Hal ini berdasarkan hasil penyelidikan DNA dari tengkorak kerangka itu, berjenis kelamin laki-laki berusia antara 28 sampai 65 tahun dan berkulit putih, dan tengkorak ini milik manusia dari ras Kaukasoid yang hidup rentang tahun 1600-an.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Budaya Kerja di Jepang Super Ketat?

Senin, 26 Desember 2022 | 22:34 WIB

Anak Cerdas yang Melampaui Einstein

Sabtu, 24 Desember 2022 | 05:02 WIB

Tradisi Natal Unik di Berbagai Belahan Dunia

Jumat, 23 Desember 2022 | 06:35 WIB
X