Charles Babbage, Penemu Komputer

- Minggu, 18 Desember 2022 | 06:43 WIB
Mesin Komputer Dulu yang Belum Secanggih Sekarang (RF._.Studio via Pexels)
Mesin Komputer Dulu yang Belum Secanggih Sekarang (RF._.Studio via Pexels)

Charles Babbage mengawali kariernya sebagai ahli matematika utamanya pada bidang kalkulus, selepas dari Trinity College di Cambridge. Pada saat itu, ia mengetahui bahwa ia memiliki kemampuan dan potensi yang baik di bidang matematik. Bahkan melampaui tutornya sendiri. Apalagi ketika ia terpilih menjadi anggota dari organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya atau “Royal Society”. Serta berperan penting pada sebuah organisasi di bidang astronomi dan geofisika di Inggris Raya.

Pada masa itulah ia mulai tertarik membuat mesin hitung. Sebab penggunaan tabel matematika dalam perhitungan sudah tidak maksimal karena sering terjadi kesalahan. Penemu komputer ini lantas melakukan pengembangan untuk melakukan perhitungan dalam bentuk mekanik. Tentunya agar kesalahan yang sering terjadi dapat diperkecil. Dari inspirasinya itu kemudian dikerjakan oleh Blaise Pascal, Willhelm Schickard, dan Gottfried Leibniz.

Baca Juga: 3 Rahasia Herbal untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal, Cek Faktanya Di Sini

Awal keberhasilannya adalah menciptakan mesin penyusun tabel matematika yang diberi nama different engine. Lalu seiring berjalannya proses, Babbage malah menemukan ide untuk membuat mesin yang bisa melakukan penyelesaian dari beberapa jenis operasi aritmatika yang diberinya nama Analytical Engine.Babbage menuliskan semua gagasan serta penemuannya dalam catatan dan semakin banyak yang mengetahui penemuannya.

Dari tulisan itulah kemudian Howard H Aiken seorang sarjana lulusan Harvard tertarik untuk bekerja sama karena tergerak oleh gagasan yang dituliskan oleh Babage. Aiken kemudian bekerja sama dengan IBM untuk kemudian berhasil memproduksi Mark I. Yakni komputer pertama yang dapat dipergunakan untuk beragam keperluan. 

Berawal dari mesin hitung, berlanjut ke mesin komputer canggih yang terus mengalami perkembangan. Tidak hanya dari segi mesinnya atau cara kerjanya. Melainkan dari segi tampilannya juga. Beragam jenis spesifikasi dan model telah disuguhkan pada zaman ini. Kegiatan manusia pun terbantu dengan kehadirannya. Bayangkan jika tidak ada penemu komputer, mungkin hingga hari ini kita hanya akan terpaku pada satu titik dan tidak akan mengalami perkembangan.

Sekalipun memang dalam perakitan mesin komputer, banyak nama yang berjasa hingga saat ini. Namun nama Charles Babbage-lah yang sudah dicatat dalam sejarah sebagai pencetus dan penemu komputer pertama.

Editor: Frida Firdiani

Sumber: www.famous-mathematicians.com

Tags

Terkini

Budaya Kerja di Jepang Super Ketat?

Senin, 26 Desember 2022 | 22:34 WIB

Anak Cerdas yang Melampaui Einstein

Sabtu, 24 Desember 2022 | 05:02 WIB

Tradisi Natal Unik di Berbagai Belahan Dunia

Jumat, 23 Desember 2022 | 06:35 WIB
X