Reformasi Arab Saudi oleh Pangeran MBS Jadi Ancaman Dunia?

- Rabu, 22 Maret 2023 | 20:01 WIB
Reformasi Arab Saudi. (Tangkapan Layar Youtube @DataFakta)
Reformasi Arab Saudi. (Tangkapan Layar Youtube @DataFakta)

Penulispro.com - Reformasi Arab Saudi yang sedang terjadi saat ini menjadi perhatian dunia, apa yang sedang dilakukan Pangeran MBS ini cukup kontroversial dimana peraturan di Arab Saudi yang syarat dengan keislaman berubah total.

Kira-kira apa penyebab reformasi Arab Saudi yang dilakukan pangeran MBS disebut sebagai ancaman dunia, ini dia rinciannya:

Rezim Brutal MBS

Dengan reformasi Arab Saudi dimana Pangeran MBS kini didapuk sebagai salah satu pemimpin paling berkuasa sekaligus paling kontroversial yang pernah ada di jazirah arab, tidak hanya menyingkirkan pesaingnya dalam ruang lingkup kerajaan satu persatu ia juga melakukan banyak penangkapan demi membentuk ulang Negeri.

Baca Juga: Life Skill yang Harus Dimiliki Ibu, Para Ibu Wajib Menguasainya

Setelah Pangeran MBS bergerak melawan Pangeran senior dari keluarga Abdullah, Pangeran MBS kemudian menguasai ketiga elemen barisan pertahanan dan keamanan negaranya yakni Garda Nasional, Kementerian Dalam Negeri serta Militer.

Di tengah kekuasaan yang tampak absolut itulah Pangeran MBS bergerak untuk melepaskan Arab Saudi dari kerangkeng konservatisme namun diikuti oleh rentetan kekerasan politik dan pembungkaman paksa

Para Imam di Arab Saudi yang berlawanan dengannya dijebloskan ke penjara, kebijakannya bahkan menyentuh aktivis dan akademisi yang vocal terhadap isu-isu pelanggaran hak asasi manusia.

Dampak Krisis Energi Global

Di tengah lonjakan minyak mentah maka Arab Saudi lahir lewat produksi mereka. Berdasarkan data dari organization of the petroleum exporting countries produksi minyak mentah dari Arab Saudi meningkat dari bulan ke bulan hingga pada juni 2022, disisi lain ini menjadi kabar buruk bagi sebagian besar Negara karena krisis global energi akan berdampak pada inflasi.

Dimana artinya kekuatan Pangeran MBS kini makin ditopang pada kekuatan ekonomi yang luar biasa, pada tahun 2019 pelapor PBB yaitu Agnes Callamard untuk mengingatkan Negara barat akan kecurigaan Pangeran MBS yang terlibat dengan pembunuhan Khashoggi.

Namun pangeran MBS tidak tergoyah karena reformasi Arab Saudi dengan perekonomian Arab Saudi terlalu besar, beberapa pakar menyebutkan bukan bagaimana terjadi perubahan, namun Pangeran MBS ingin perubahan itu datang darinya dan tuntutan jalanan dianggap berbahaya.

Editor: Frida Firdiani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Mengklakson Saat Macet di Negara Ini!

Minggu, 30 April 2023 | 22:17 WIB
X