Cara Membuat Lampion Benang yang Cantik Nan Menarik

- Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB
lampion sebagai penghias lampu kini mulai marak digunakan (Yusuf Habibi via Pexels)
lampion sebagai penghias lampu kini mulai marak digunakan (Yusuf Habibi via Pexels)

Penulispro.com - Lampion sebagai penghias lampu kini mulai marak digunakan. Sama halnya dengan lampu, lampion juga digunakan untuk penerangan. Tapi, nilai estetik lampion dinilai lebih tinggi. Lampion banyak digunakan di rumah-rumah, café, taman atau restoran-restoran. Dengan menggunakan lampion, taman, rumah, atau restoran menjadi lebih indah dan cantik. Inilah yang membuat mengapa banyak yang lebih melengkapi lampu dengan lampion.

Ada beragam kreasi lampion yang bisa dipilih dengan beragam bahan dasar. Salah satunya lampion dengan menggunakan benang. Bagaimana cara membuat lampion dengan menggunakan benang ini? Simak informasinya berikut.

Bahan dan alat yang diperlukan 

* Balon
* Benang kain atau benang wol
* Lem kayu/lem kanji
* Kuas
* Kertas minyak

Cara membuat lampion 

* Tiuplah balon sampai dengan ukuran yang Anda inginkan. Ini akan menjadi patokan besar kecilnya lampion.
* Buatlah lingkaran di bagian atas balon. Lingkaran ini digunakan membatasi tepi lem yang akan digunakan untuk ;ubang lampu.
* Buatlah campuran lem kanji atau lem kayu yang sudah jadi.
* Olesi seluruh permukaan balon dengan lem dengan menggunakan kuas. Pastikan seluruh bagian balon terolesi lem kecuali bagian atas yang tadi.
* Lingkarkan atau lilitkan benang pada permukaan balon yang tadi sudah diolesi lem. Lilitkan secara acak juga merata. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena Anda harus menutupi seluruh permukaan balon dengan benang tadi.
* Jika proses melilit sudah selesai, biarkan balon hingga lem benar-benar kering. Anda bisa mengeringkannya dengan cara digantung. Jangan mengeringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari karena bisa membuat balon meletus.
* Setelah kering, ledakkan balon. Bagian benang akan membentuk kerangka lampion.
* Tutuplah kerangka ini dengan kertas minyak serapi mungkin. Anda bisa menggunakan kertas minyak yang bermotif atau yang polos.

Sebagai catatan, Anda bisa menggunakan kertas minyak yang polos atau bermotif dengan motif-motif cantik. Anda juga bisa menggunakan benang yang berwarna-warni sehingga lampion menjadi lebih cantik.

Demikianlah cara membuat lampion dengan menggunakan benang. Anda tertarik untuk membuat lampion ini? Selamat mencoba!

 Baca Juga: Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Ini Ternyata Mudah Loh!

 

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X