Biar Gak Kebobolan, Rencanakan Anggaran Travel Anda!

- Jumat, 20 Januari 2023 | 20:51 WIB
Anggaran travel perlu dipersiapkan dengan matang agar rencana berlibur kita dapat berjalan dengan baik. (Leah Kelley via Pexels)
Anggaran travel perlu dipersiapkan dengan matang agar rencana berlibur kita dapat berjalan dengan baik. (Leah Kelley via Pexels)

Penulispro.com - Anggaran travel perlu dipersiapkan dengan matang agar rencana berlibur kita dapat berjalan dengan baik. Melakukan perjalanan ke tempat lain membutuhkan beberapa persiapan khusus, apalagi jika kita baru pertama kali datang ke sana. Anggaran travel yang baik dapat membuat kita tenang dalam menjalankan liburan kita. Apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam anggaran travel?

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Lombok yang Indah Nan Eksotis

Berikut ini beberapa tips mempersiapkan anggaran travel:

1. Menyimpan uang khusus untuk travel

Sediakan anggaran khusus untuk berlibur, kalau perlu buat rekening khusus untuk itu. Uang yang dipakai bisa dari sebagian gaji pokok setiap bulannya dan juga bonus ataupun uang lembur. Uang untuk berlibur ini diusahakan tidak mengganggu kebutuhan kita sehari-hari, jadi simpanlah dengan bijak.

2. Biaya transportasi

Biaya yang perlu dikeluarkan saat berpergian salah satunya adalah biaya transportasi. Besarnya tergantung dari jenis transportasi yang dipakai dan jarak tempat wisata yang dituju. Transportasi tidak hanya berkaitan dengan biaya kita sampai di tempat tujuan, tapi juga biaya transportasi saat berkeliling di beberapa tempat wisata. Menggunakan agensi travel mungkin membuat kita tidak terlalu pusing memikirkan masalah transportasi di tempat wisata, namun jika berpergian mandiri maka perlu melakukan riset terlebih dahulu.

3. Biaya penginapan dan makanan

Saat berlibur selama beberapa hari maka kita perlu tempat penginapan dan makanan yang layak agar liburan kita dapat dilalui dengan menyenangkan. Coba kunjungi situs-situs yang menyediakan daftar harga hotel di tempat wisata yang akan dikunjungi. Lihat juga review para pengunjung. Perhatikan juga jenis makanan yang tersedia di daerah tersebut, apakah sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.

Baca Juga: Alun-Alun Selatan, Objek Wisata Pilihan di Pusat Kota Jogja. Ada Mitosnya Juga yang Dipercayai

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X