• Jumat, 9 Desember 2022

Silat Cimande, Belajar Beladiri dengan Tangan Kosong

- Kamis, 24 November 2022 | 20:24 WIB
Seseorang tampak sedang memperagakan gerakan jurus Cimande (Tangkapan layar Youtube Silat Mix)
Seseorang tampak sedang memperagakan gerakan jurus Cimande (Tangkapan layar Youtube Silat Mix)

Siapa sih yang tidak tahu silat Cimande? Silat Cimande merupakan aliran pencak silat yang cukup fenomenal di Jawa Barat. Lantas, bagaimana sejarah awal mula muncul silat Cimande?

Silat Cimande, Beladiri dengan Tangan Kosong
Berdasarkan catatan sejarah diketahui bahwa Mbah Kahir merupakan orang pertama yang menciptakan aliran silat Cimande. Mbah Kahir dikenal sebagai pendekar pencak silat yang sangat disegani.



Awal mula munculnya aliran pencak silat Cimande ini pada saat Mbah Kahir mengajarkan jurus silat baru kepada murid-muridnya. Dan ternyata, jurus-jurus tersebut merupakan gerakan aliran silat Cimande. Tak heran, jika akhirnya Mbah Kahir disebut sebagai guru pertama silat Cimande.

Pada dasarnya, silat Cimande merupakan jenis beladiri tanpa alat. Dengan kata lain, beladiri dengan tangan kosong untuk membela diri. Dan perlu digarisbawahi bahwa jurus silat Cimande bukan untuk melawan, melainkan membela diri. Lantas, apa saja jurus yang diajarkan pada aliran pencak silat Cimande?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang jurus-jurus, ada yang lebih penting lagi, yaitu taleq. Iya, sebagai generasi penerus silat Cimande, harus memahami dengan baik tentang taleq Cimande.

Taleq Cimande
Bukan rahasia lagi, pencak silat cimande temasuk seni bela diri yang terkenal di Indonesia. Silat Cimande merupakan seni bela diri yang kaya akan nilai dan norma perilaku yang diwariskan dari leluhur.

Silat Cimande ini diwariskan secara turun temurun kepada generasi penerusnya. Dan sebagai generasi penerus harus bisa memahami taleq. Apa itu taleq?
Taleq merupakan kode etik yang hrus dipahami dan ditepati oleh keluarga besar Cimande. Taleq Cimande sendiri disesuaikan dengan nilai-nilai hidup dan selaras dengan pancasila.

Adapun isi taleq silat Cimande adalah sebagai berikut. Pertama,harus taat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kedua, tidak boleh melawan kedua orangtua. Ketiga, tidak boleh melawan guru atau orang yang lebih tua.

Keempat dilarang berbuat zina, judi, dan mencuri. Kelima, harus bersikap santun, rendah hari, saling menghargai, saling menghormati satu sama lain. Dan yang paling penting adalah bergutu Cimande bukan untuk dipamer-pamer, melainkan untuk membentengi diri dari orang-orang jahat.

Jadi sebenarnya, taleq merupakan kode etik sekaligus amanah dari leluhur kepada keluarga besar pencak silat Cimande. Menghiraukan taleq Cimande, harus siap menanggup akibatnya sendiri.

Lantas, bagaimana gerakan-gerakan dari jurus silat Cimande ini? Adapun gerakannya adalah sebagai berikut.

Jurus Silat Cimande
Sama seperti jenis beladiri lainnya, silat Cimande juga mempunyai beberapa jurus. Di antaranya adalah jurus kelid Cimande, jurus pepedangan, dan jurus tepak selancar. Jurus pepedangan dan jurus kelid Cimande termasuk gerakan beladiri. Sementara tepak selancar adalah seni.

1. Jurus Kelid Cimande
Jurus kelid Cimande merupakan jurus pokok dari aliran silat ini. Tujuan dari jurus kelid Cimande adalah menangkis pukulan serangan lawan dengan cara menjatuhkannya.

Jika dihitung-hitung, keseluruh jurus Cimande kurang lebih berjumlah 33 jurus. Di antaranya adalah kelid, tonjok sabeulah, tonjok bareng, timpah serong, timpang sabeulah, selup, teke tampa, timpah dua kali, dan teke purilit.

Selain itu, ada juga jurus pakala gede, pakala alit, beulit kacang, sabet pedang, singgung sabeulah, singgul serong, serong guar, serong guwil, dan serong panggul. Masih ada lagi jurus timpang bohong, peuncitan, selup lima, kelid lima, kelid tilu, dan lain-lain.

Dilihat dari gerakannya, jurus kelid Cimande ini berfokus pada kemampuan tangan. Dengan kata lain, inti kekuatan bertumpu pada tangan. Gerakannya hampir sama seperti gerakan menonjok, tangan dikepal.

Kemudian untuk jurus guaran menggunakan bagian sisi tangan dalam dan luar. Singgulan, gerakan yang menggunakan telapak tangan. Dan jurus tewekan dilakukan dengan bentuk tangan menusuk.

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

5 Korea Tercantik dan Populer Hingga Kini

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:23 WIB

Boneka Jahat di Film Horor Luar Negeri

Minggu, 4 Desember 2022 | 05:03 WIB

Artis Korea Tercantik Yang Diakui Dunia

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:04 WIB

Cara Mendeteksi Arti Garis Tangan dengan Mudah

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:37 WIB

10 Arti Mimpi yang Mungkin Sering Kamu Alami

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:21 WIB

10 Kartun Terpopuler di Tahun 90an sampai Awal 2000an

Senin, 28 November 2022 | 17:30 WIB

5 Kontes Kecantikan Terunik Sedunia, No 4 Inspiratif

Minggu, 27 November 2022 | 06:00 WIB

Silat Cimande, Belajar Beladiri dengan Tangan Kosong

Kamis, 24 November 2022 | 20:24 WIB
X