• Selasa, 26 September 2023

Wisata Menyusuri Sisa Kawasan Jakarta Tempo Dulu yang Masih Berdiri

- Senin, 29 Mei 2023 | 20:47 WIB
Pelabuhan Sunda Kelapa (Sumber foto: Indonesia Kaya)
Pelabuhan Sunda Kelapa (Sumber foto: Indonesia Kaya)

Penulispro.com - Tempat-tempat yang mencerminkan Jakarta tempo dulu makin sedikit ditemukan di ibu kota Indonesia ini. Lumrah adanya akibat arus pembangunan di wilayah Jakarta begitu massif, tempat-tempat mengandung nilai sejarah terpaksa digusur habis, diganti dengan bangunan baru atau gedung komersil dan tempat hunian modern.

Saat ini ada beberapa gedung yang dan kawasan bersejarah yang tetap dipertahankan keberedaannya karena mengandung nilai sejarah tinggi dan merupakan saksi bisu dari peradaban Jakarta. Gedung–gedung kuno ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar budaya.

Pemerintah DKI Jakarta menata kawasan gedung–gedung kuno atau merestorasi menjadi lebih baik, untuk kemudian disewakan kepada pihak lain. Di kawasan kota tua Jakarta sekarang dijadikan sebagai objek wisata alternatif yang menarik perhatian wisatawan dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Misteri Manusia Purba di Indonesia yang Menarik untuk Dicari Tahu

Berikut ini empat tempat menarik yang bisa dijadikan wisata alternatif, menyingkap Jakarta Tempo dulu, yang wajib dikunjungi.

* Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu bukti kawasan bersejarah di Ibu Kota Indonesia. Tempat ini merupakan saksi bisu dari cikal bakal kota Batavia. Pelabuhan ini sudah ada sejak abad ke 12. Letaknya berada di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Sejak dulu sudah tersohor ramainya hingga bertahan sampai sekarang. Jaman kolonialisme hasil bumi berupa rempah –rempah Nusantara di angkut melalui pelabuhan ini untuk dikirim ke Eropa.

Sekarang aktivitas bongkar muat di pelabuhan ini masih tetap ramai, tapi hanya dipakai untuk bersandar kapal –kapal kecil jenis pinishi dengan trayek pelayaran antar pulau. Masih di kawasan pelabuhan Anda bisa melihat gudang –gudang dan gedung bandar peninggalan jaman VOC.

* Kota Tua Jakarta

Kota tua Jakarta merupakan bagian dari kawasan kota lama yang tetap dipertahankan keasriannya. Kawasan kota tua dulu merupakan pusat pemerintahan Belanda dan juga kawasan niaga Batavia. Di Sini terdapat gedung–gedung kuno yang dulu dipakai sebagai kantor pemerintahan, markas militer, gudang–gudang penyimpanan rempah–rempah. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Sunda kelapa.

Baca Juga: Nikmati Eksotisme dan Keceriaan Bersama di Candi Boko

* Museum Fatahilah

Museum Fatahillah adalah salah satu peninggalan jaman VOC yang masih tersisa dan berdiri hingga sekarang. Lokasinya tepatnya di jalan Fatahillah No. 2 Jakarta Barat. Bangunan ini dibangun pada tahun 1707-1710, dulu dipakai sebagai gedung Balai Kota atas prakarsa Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Gedung unit menempati area seluas 1.300 meter persegi. Desainnya sangat megah, konon dibuat menyerupai Istana Dam tempat kediaman Raja Belanda, di Amsterdam.

Setelah Indonesia merdeka dari penjajahan, seiring waktu gedung ini beralih fungsi menjadi museum, tempat menyimpan banda-benda peninggalan zaman VOC yang masih berkaitan dengan sejarah berjalanan Jakarta tempo dulu.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X