Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan Ini Terbukti Ampuh!

- Kamis, 26 Januari 2023 | 06:00 WIB
Mengonsumsi brokoli mampu membantu menyegarkan wajah ( Polina Tankilevitch via Pexels)
Mengonsumsi brokoli mampu membantu menyegarkan wajah ( Polina Tankilevitch via Pexels)

Penulispro.com - Jerawat yang timbul pada wajah itu sebagaian besar karena pola konsumsi terhadap makanan yang kurang baik. Makanan berminyak dan berlemak serta mengandung gula disinyalir sebagai biang kerok penyebab timbulnya jerawat.

Kalau sudah tahu makanan apa saja yang menyebabkan timbulnya jerawat perlu kiranya juga mengetahui berbagai makanan yang dapat menghilangkan jerawat. Makanan tersebut tentu saja kaya akan vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh khususnya wajah sehingga jerawat tidak berani mendekat.

Makanan yang sehat itu pada prinsipnya bersifat alami dan segar, tanpa pengolahan dan perlakuan berlebih. Kadang nilai gizi atau manfaat malah hilang kalau terlalu lama dimasak. Maka dari itu penting kiranya untuk back to nature, dengan menikmati aneka buah dan sayuran secukupnya.

Aneka buah yang disarankan untuk dikonsumsi sebagai upaya menghilangkan jerawat antara lain; apel, anggur, jeruk, pisang dan lain-lain.

Buah-buah tersebut kaya akan multivitamin baik A, dan C. Khusus untuk vitamin C kandungan ini sangat baik dan dibutuhkan wajah untuk mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu ada kandungan bioflavonoid yang ada pada jeruk dapat menghilangkan peradangan pada jerawat. Aneka manfaat tersebut tentu saja baik untuk tubuh terutama wajah dan dengan segera menggantikan sel kulit yang rusak dengan sel kulit yang baru.

Buah pisang memiliki kandungan mineral berupa kalium dan kromium. Dua zat itu berfungsi dalam pembentukkan enzim. Buah pisang mampu menahan atau mencegah minyak dalam wajah karena adanya kandungan potasium yang tinggi karena bisa menimbulkan rasa nyaman dan menghilangkan stress.

Sayuran itu sama baiknya dengan buah, memiliki kandungan yang dibutuhkan wajah untuk tetap sehat dan mencegah timbulnya minyak berlebih yang akan berujung pada jerawat. Sayur yang paling populer untuk mencegah timbulnya jerawat adalah paprika dan wortel.

Baca Juga: Buah Ini Terbukti Sebagai Penghilang Bekas Jerawat!

Dua sayur berwarna khas ini kaya akan betakaroten yang mampu menjaga selenium yang dibutuhkan kulit. Selain itu ada kandungan kaya manfaat yang baik untuk kulit dan berbagai vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Hampir semua sayuran yang berwarna hijau dan berdaun seperti bayam, kangkung, seledri, buncis, brokoli baik untuk mempertahankan kesegaran wajah.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X