Cermati Gejala Diabetes Tipe 2 Ini!

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:00 WIB
Saat tubuh mendeteksi gula dalam darah dengan kadar yang tinggi maka ginjal akan meresponnya dengan mengeluarkan glukosa melalui urin (Nataliya Vaitkevich via Pexels)
Saat tubuh mendeteksi gula dalam darah dengan kadar yang tinggi maka ginjal akan meresponnya dengan mengeluarkan glukosa melalui urin (Nataliya Vaitkevich via Pexels)

Penulispro.com - Gejala diabetes harus kita waspadai sehingga kita dapat mengatasinya dengan segera atau tidak terlambat. Diabetes naik menjadi krisis kesehatan nomor 1 di Amerika Serikat. Di sana setidaknya ada 29 juta orang yang memiliki penyakit diabetes ini. Menurut perkiraan terakhir, sekitar 40 persen atau dua dari lima orang Amerika Serikat akan memiliki gejala diabetes tipe 2 pada saat mereka beranjak dewasa.

Diabetes berkembang saat tubuh kita tidak mampu memproduksi glukosa sesuai dengan kebutuhan. Diabetes sendiri adalah penyakit yang kompleks. Kebanyakan orang yang menderita diabetes adalah penderita diabetes tipe 2, pada tipe ini insulin tetap dapat diproduksi tapi tubuh tidak dapat menggunakannya dengan baik. Berikut ini beberapa gejala diabetes tipe 2 yang harus diwaspadai:

1. Sering buang air kecil

Saat tubuh mendeteksi gula dalam darah dengan kadar yang tinggi maka ginjal akan meresponnya dengan mengeluarkan glukosa melalui urin. Ini yang akhirnya dapat menyebabkan frekuensi urin menjadi meningkat bagi penderita diabetes.

2. Sering haus dan mulut kering

Banyaknya urin yang dikeluarkan dapat menyebabkan dehidrasi sehingga cenderung lebih mudah haus atau mulut yang kering. Orang akan melihat mereka minum air banyak tapi tetap tidak meredakan hausnya.

3. Cepat lapar

Saat seseorang menderita diabetes tipe 2, kemampuan glukosa untuk masuk ke sel tubuh untuk menghasilkan energi tidaklah seimbang jadi tubuh akan merasa lapar. Jadi gejala diabetes tipe 2 salah satunya adalah cepat lapar meskipun baru saja mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Informasi Aneka Daun Untuk Pengobatan Diabetes

4. Mata yang rabun

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X