4 Gaya Hidup Santai yang Bisa Meningkatkan Kesehatan

- Selasa, 24 Januari 2023 | 11:00 WIB
Gaya hidup santai bisa meningkatkan kesehatan tubuh (Andrea Piacquadio via Pexels)
Gaya hidup santai bisa meningkatkan kesehatan tubuh (Andrea Piacquadio via Pexels)

Penulispro.com - Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan kita, itu pasti. Tapi kadang orang-orang merasa kesulitan dengan gaya hidup sehat. Mereka pikir hal tersebut merupakan hal yang berat untuk dilakukan. Pola hidup sehat berarti tidak makan enak, berolahraga, dan lain-lain. Belum lagi tambahan biaya untuk menunjang pola hidup sehat tersebut. Nah, berikut ini kita akan membahas beberapa gaya hidup santai yang bisa dilakukan siapa saja tanpa perlu terlalu serius tapi tetap dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Periksa Lingkar Pinggangmu! Gaya Hidup Ini Membuatmu Terhindar dari Darah Tinggi

1. Ringankan barang bawaan

Tas yang terlalu berat akan menyulitkan kita untuk membawanya. Jadi jangan segan untuk mencoba menata ulang barang-barang yang ada di tas kita, yang tidak dibutuhkan maka sebaiknya dikeluarkan. Penggunaan tas punggung bisa lebih mendistribusikan berat barang bawaan, jika ingin bertambah ringan pakai saja tas yang memiliki roda.

2. Meringankan kerja mata, jauhi gadget sejenak

Bekerja di depan komputer atau bermain gadget akan membuat kita tampak sibuk, tapi itu tidak baik bagi kesehatan mata kita. Sisihkan waktu untuk sedikit menjauh dari barang-barang elektronik yang bisa membuat mata lelah. Ganti pemandangan layar komputer dengan pemandangan alami seperti kebun di belakang rumah.

3. Olahraga ringan untuk kaki

Kesehatan kaki dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya karena merupakan tempat penopang berat badan kita. Sambil menonton televisi kita bisa melakukan olahraga ringan untuk kaki kita. Olahraga tersebut adalah memindahkan kelereng ke dalam mangkuk atau tempat lainnya dengan menggunakan jari-jari kaki kita.

4. Hindari pengharum ruangan

Pengharum ruangan yang biasanya disemprot memang memberikan udara yang harum untuk kita, namun jika terlalu sering itu juga tidak baik karena mengandung bahan-bahan kimia. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan alergi, asma, serta mengiritasi udara sehingga dapat menyebabkan kita kesulitan bernafas. Jadi hindari penggunaan pengharum ruangan. Kita bisa menggantinya dengan minyak esensial seperti lavender, mint, atau jeruk. Pada tempat sampah yang berbau tidak sedap kita bisa memberikan potongan lemon atau jeruk.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X