Ini Dia Efek Samping Menggunakan High Heels

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:00 WIB
Kaki menjadi sangat terpengaruh saat menggunakan sepatu berhak tinggi ( Ray Piedra via Pexels)
Kaki menjadi sangat terpengaruh saat menggunakan sepatu berhak tinggi ( Ray Piedra via Pexels)

Penulispro.com - Kita akan membahas tentang efek samping menggunakan high heels. High heels merupakan penunjang penampilan bagi wanita. Wanita akan tampak lebih tinggi saat menggunakan sepatu berhak tinggi. Selain itu tubuh cenderung akan lebih tegak saat menggunakan sepatu berhak tinggi. Beberapa laki-laki juga menganggap bahwa wanita yang menggunakan high heels terlihat lebih seksi daripada yang memakai sepatu flat.

Sayangnya sepatu high heels ternyata tidak selamanya baik bagi perempuan. Meskipun terlihat baik, tapi ada efek samping menggunakan high heels yang kadang tidak diperhatikan. Efek samping menggunakan high heels bagi kesehatan antara lain:

1. Kaki

Kaki menjadi sangat terpengaruh saat menggunakan sepatu berhak tinggi. Akan ada perpindahan berat pada bagian tertentu yang dapat berpengaruh pada tulang kaki. Saat memakai sepatu high heel berat badan akan lebih bertumpu pada bagian bola kaki dan tulang jari kaki yang kecil. Jika berlangsung lama tentu hal tersebut tak baik bagi kesehatan tulang kaki kita. Semakin tinggi hak sepatu yang dipakai maka akan semakin besar efeknya pada tubuh kita.

2. Pergelangan kaki dan betis

Efek samping menggunakan high heels salah satunya pada pergelangan kaki dan betis. Memakai sepatu berhak tinggi akan mendorong pergelangan kaki kita untuk bengkok ke depan, sebuah pergerakan akan membatasi sirkulasi pada bagian bawahnya. Menggunakan sepatu berhak tinggi terlalu lama dapat berpengaruh pada otot pergelangan kaki dan betis, saat kita berjalan akan terasa sakit. Bahkan jika kemudian kita beralih ke sepatu flat maka rasa sakit itu masih akan terasa.

3. Lutut

Lutut merupakan tulang sendiri terbesar dalam tubuh. Jika kita terlalu sering menggunakan high heels maka akan terjadi tekanan pada bagian dalam lutut, hal ini akan mengakibatkan osteoarthritis.

4. Pinggul

Saat menggunakan high heels posisi pinggul akan menyesuaikan sehingga bentuk tubuh akan terlihat ke depan dan mungkin terlihat tampak seksi. Namun hal tersebut ternyata dapat melukai otot dan tendon yang ada di dalamnya.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

X