Mengapa Orang Perlu Sesekali Mandi Garam? Begini Khasiat Mandi Garam dan Cara Mandi Garam Yang Benar

- Jumat, 20 Januari 2023 | 17:00 WIB
Mengapa orang sesekali perlu mandi garam, yang digunakan garam kristal bisa ditambah dengan herbal lainnya (Kate Darmedo on Unsplash)
Mengapa orang sesekali perlu mandi garam, yang digunakan garam kristal bisa ditambah dengan herbal lainnya (Kate Darmedo on Unsplash)

Penulispro.com - Apakah benar ada khasiat mandi garam? Mungkin Anda pernah enggan mandi karena berbagai alasan seperti tengah kurang sehat atau udara yang sangat dingin dan sebagainya, jadi cukup dengan membasuh wajah saja.

Namun apa jadinya bila mandi yang dimaksud adalah mandi garam? Apakah ini ada khasiatnya dan untuk apa orang perlu sesekali mandi garam, apakah Anda dapat membayangkan apabila tubuh Anda dilumuri dengan garam sebagai pengganti aktivitas membersihkan diri?

Mandi Bukan Sekadar Membasahi Tubuh

Khasiat mandi garam mungkin masih jadi perdebatan perlu dan tidaknya, namun coba Anda tanyakan pada diri sendiri setidaknya berapa kali biasanya Anda membasuh tubuh dalam sehari sebagai kegiatan rutinitas membersihkan diri, karena pada sebagian orang ada yang merasa bila mandi rutin ini merupakan kegiatan yang membosankan, dan kadang banyak alasan untuk tidak mandi.

Berbagai alasan yang diajukan untuk menolak mandi seperti tubuh yang merasa kurang fit, udara yang terlalu dingin dirasakan, atau berbagai alasan lainnya, sekalipun mandi itu sebenarnya hal yang harus dilakukan setiap orang untuk menjaga kebersihan diri.

Alih-alih berpikir atau memikirkan apa khasiat mandi garam, bahkan orang pun akan memiliki sugesti yang sudah terkonsep dalam pikirannya ketika pertama kali mendengar kata mandi, yang mungkin bagi beberapa orang ada yang menjawab kalau mandi itu akan menyegarkan tubuh dan alasan-alasan sehat lainnya.

Namun, tak jarang pula yang mengidentikkan kegiatan ini dengan dingin. Hal inilah yang kadang membuat seseorang malas membasuh tubuh. Padahal, membasuh tubuh dengan air merupakan sebuah aktivitas yang penting dilakukan dua kali sehari untuk kesehatan dan kebersihan tubuh.

Terlebih lagi hitungan dua kali dalam sehari hanyalah hitungan minimal, namun ketika Anda ingin melakukannya lebih dari dua kali tersebut dan merasa perlu untuk melakukannya juga sebenarnya diperbolehkan saja, karena semua tergantung kepada kebutuhan Anda sendiri, dengan cara menyesuaikan tubuh dengan suhu udara pada saat Anda ingin membasahi diri dengan air tersebut.

Membasuh tubuh atau mandi merupakan suatu aktivitas membasahi seluruh tubuh dengan air dan sabun dan harus rutin dilakukan setiap hari untuk membersihkan tubuh, karena mandi secara garis besar memiliki khasiat tertentu bagi kesehatan dan kecantikan selain juga memberikan kesegaran.

Halaman:

Editor: M. Isa Jatinegara

Tags

Terkini

X