Stop Dulu Melakukan Hal-hal Ini Kalau Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Fit Selama Berpuasa!

- Selasa, 21 Maret 2023 | 14:46 WIB
Stop Melakukan Beberapa Hal Selama Berpuasa (Sumber: pixabay.com by CatsWithGlasses)
Stop Melakukan Beberapa Hal Selama Berpuasa (Sumber: pixabay.com by CatsWithGlasses)

Penulispro.com - Tubuh yang sehat dan fit selama berpuasa adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan fit selama berpuasa, kita harus melakukan pola hidup sehat, antara lain dengan menjaga pola makan.

Tubuh yang sehat dan fit selama berpuasa sangat mudah didapatkan. Apalagi, puasa memang memiliki manfaat khusus untuk kesehatan, antara lain untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan dapat mencegah penyakit kanker.

Puasa adalah tidak mengonsumsi makanan dan atau minuman dalam rentang waktu tertentu. Pada umumnya, puasa dilakukan orang dengan alasan yang berbeda-beda.

Ada orang yang berpuasa karena keyakinannya pada ajaran agama tertentu, ada yang karena alasan kesehatan, atau ingin menurunkan berat badan.

Selain motivasi berpuasa yang berbeda-beda, cara orang berpuasa juga berlainan.

Agama Islam mewajibkan penganutnya untuk berpuasa sejak waktu imsak sampai saatnya adzan maghrib, dengan tidak makan dan minum dalam kurun waktu tersebut.

Ada juga agama yang memiliki aturan berpuasa dengan hanya makan satu kali dalam sehari dan tidak makan jenis-jenis makanan tertentu, seperti daging, nasi, garam, atau yang lainnya. Ada juga yang mewajibkan untuk tidak makan dan minum selama 24 jam penuh.

Ada juga intermitten fasting (IF), yang biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Orang yang melakukan IF, biasanya tidak makan dalam rentang waktu tertentu, misalnya selama enam, sepuluh, atau dua belas jam. Tapi, mereka masih diperbolehkan untuk minum, hanya air mineral saja.

Jangan Dulu Lakukan Hal-hal Ini Selama Berpuasa

Agar kita dapat berpuasa dengan baik, apapun motivasinya, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan, agar tubuh tetap sehat. Hal ini dikemukakan oleh dr. Sungadi Santoso dalam channel YouTube SB 30 Health.

1. Melakukan olahraga ekstrim

Olahraga ekstrim ini misalnya lari marathon.

Saat sedang berpuasa, kita tetap boleh melakukan olahraga lari. Tapi, jangan jauh-jauh. Cukup 1-2 kilometer saja. Yang hobi lari, khususnya lari marathon, bisa kembali melakukannyaPuasa adalah tidak mengonsumsi makanan dan atau minuman, dalam rentang waktu tertentu.

Kenapa tidak boleh melakukan olahraga ekstrim selama berpuasa? Karena saat olahraga, tubuh kita akan mengeluarkan cairan berupa keringat. Olahraga eksrim bisa menyebabkan keringat keluar dalam jumlah yang banyak.

Halaman:

Editor: Frida Firdiani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X