Merajut Bisnis Rajut Talikur yang Sudah Berkembang Sejak Lama

- Rabu, 25 Januari 2023 | 12:51 WIB
 Penulispro.com - Bisnis rajut talikur atau dikenal juga dengan nama drawstring (Surene Palvie via Pexels)
Penulispro.com - Bisnis rajut talikur atau dikenal juga dengan nama drawstring (Surene Palvie via Pexels)

Penulispro.com - Bisnis rajut talikur atau dikenal juga dengan nama drawstring, memang sudah berkembang sejak lama. Kerajinan tangan dari talikur bahkan pernah menjadi materi dalam pelajar sekolah yakni pada pelajaran kesenian. Hingga kini, bisnis rajut talikur masih memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Bahkan beberapa di antara pengusaha yang menggeluti bidang ini sudah melebarkan pasar hingga ekspor ke luar negeri. Tentu saja dengan kualitas jempolan dan inovasi yang tidak pasaran.

Yang menarik dalam proses pembuatan tas atau perlengkapan lain menggunakan talikur ini adalah kebanyakan proses pembuatannya yang 100% handmade atau hasil buatan tangan. Sehingga hasilnya dapat benar-benar detail apik dan menawan. APalagi dengan perpaduan warna yang serasi, tentu mata pasar akan tertarik untuk memperjual belikannya.

Produk yang dibuat dengan menggunakan talikur sendiri sampai saat ini sudah sangat beragam. Mulai dari tas tangan, tas selempang, tas punggung, tas pinggang, dompet, tempat ponsel, tas laptop, hiasan rumah, topi, bahkan sepatu. Tentunya yang disukai pasar adalah yang tidak hanya berbahan talikur, melainkan dikombinasi dengan berbagai bahan. Seperti mutiara, flanel, dan masing banyak lagi kombinasi yang lainnya. Sehingga produk talikur tidak terkesan kaku.

Perlu diketahui bahwa produk dari talikur ini memang terbukti kuat. Sebab dirajut dengan memperhatikan tatanan simpul pengait yang sangat detail. Sehingga setiap titiknya nampak seimbang dan menarik. Tentu saja tidak semua orang bisa merajut dengan baik dan mendapatkan hasil terbaik. Ya, sebab merajut pasti berdasarkan pola yang sekilas mudah, namun nyatanya setelah dikerjakan tidak mudah juga. Biasanya pangsa pasar yang paling strategis dan menjanjikan bagi bisnis ini adalah orang-orang yang suka dengan hal-hal yang berbau etnik, handmade dan aksesoris yang tidak pasaran.

Baca Juga: Bisnis Buket Snack, Usaha yang Membidik Cuan dengan Jiwa Seni

Kisaran harga pada produk usaha rajut talikur ini cukup beragam. Dari harga Rp. 50.000 hingga ratusan ribu rupiah. Tergantung model dan tingkat kesulitan. Yang penting adalah kecerdasan promosi memanfaatkan beragam media. Sehingga produk bisnis rajut talikur ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. Semakin terkenal suatu produk, maka hasil penjualan dan respon pasar pun dapat meningkat.

 

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

Cara Mendapatkan Modal Tanpa Jaminan di Bank Syariah

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:00 WIB

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:00 WIB
X