Anggarkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini

- Selasa, 13 Desember 2022 | 00:54 WIB
Biaya Pendidikan Anak Harus Dipersiapkan ( RODNAE Productions via Pexels)
Biaya Pendidikan Anak Harus Dipersiapkan ( RODNAE Productions via Pexels)

Salah satu anggaran rumah tangga yang wajib dipikirkan pasangan muda sejak awal pernikahan adalah biaya pendidikan anak-anak. Kebutuhan menuntut ilmu sampai ke jenjang pendidikan tinggi tidak pernah menjadi murah setiap tahun. Sebaliknya, tiap tahun ajaran baru sering terjadi pelipatan jumlah dana oleh sejumlah sekolah dan universitas. Padahal para orangtua tentu ingin menuntun anak-anak mendapat pendidikan terbaik sehingga kelak mereka dimudahkan mencapai karir gemilang. Namun demikian masalah biaya pendidikan sering jadi ganjalan yang cukup meresahkan terutama jika perekonomian keluarga tidak stabil atau pasang-surut.

Baca Juga: Ingin Memelihara Kucing? Perhatikan Hal-Hal Penting Ini Ya, Cat Lovers…

Nah, persoalan krusial ini tentunya sedang menanti para pasangan muda. Maka sejak usia pernikahan masih dini, perlu dipikirkan bersama tentang solusi alternatif biaya pendidikan anak-anak hingga dewasa. Jangan sampai pada saatnya nanti orang tua kebingungan terutama andai terjadi masalah keuangan di luar prediksi. Kepentingan anak pun bisa sangat terhambat. Berikut ini program jangka panjang yang mungkin bisa anda bicarakan bersama pasangan untuk mulai menjalaninya.

Reksadana
Perencana keuangan Ligwina Hananto menilai produk reksadana adalah solusi tepat untuk mempersiapkan masa depan anak. Keuntungannya, pembayaran bisa dilakukan secara autodebet. Selain itu juga ada pendampingan ahli yaitu manajer investasi yang bertugas melayani pemilik reksadana. investasi di reksadana cukup dengan setoran 500 ribu sampai satu juta per bulan dengan target return 25%. Regulasi dari Bapepam-LK juga menjamin pertanggungjawaban pihak pengelola reksadana.
Membuka reksadana tidak sulit. Pergilah ke bank untuk mengajukan aplikasi pembukaan reksadana. Selanjutnya petugas akan melayani anda termasuk permintaan membuka jenis rekening reksadana. Meskipun jaminan masa depan cukup menggiurkan tapi tetap saja anda harus bersiap menghadapi resiko fluktuasi, likuiditas, dan wanprestasi yang bisa sewaktu-waktu membuat hasil investasi berkurang.

Deposito dan Asuransi Pendidikan
Namun, kalau anda kurang tertarik dengan reksadana karena keuntungan fluktuatif mengikuti harga beli saham, tenang saja. masih ada solusi lain yaitu membuka deposito atau asuransi pendidikan. Produk ini memberi jaminan dana andai dalam keluarga secara mendadak terjadi peristiwa tak terduga misalnya kematian orangtua.

Jadi para pasangan muda, segeralah menata solusi memecahkan tantangan biaya pendidikan anak. Persiapkan secara matang dan tepat. Yang terpenting, sisihkan dana untuk mulai menata investasi pendidikan terbaik bagi anak-anak.

 

 

Editor: Frida Firdiani

Tags

Terkini

Cara Mendapatkan Modal Tanpa Jaminan di Bank Syariah

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:00 WIB

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:00 WIB
X